Selamat Datang di Blog Nur Hidayatur Rohmah

Jumat, 09 Desember 2016

RPP SKI KELAS V TENTANG AKHIR HAYAT RASULULLAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : MI AL-HIDAYAH
Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester          : V (Lima) / 2 (Dua)
Alokasi waktu             : 1 x 15 menit

A.  KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah
dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.   KOMPETENSI DASAR
1. 2             Meyakini Al-Qur’an dan Sunnah Rasul sebagai peninggalan Rasulullah
SAW.
2. 1 Menunjukkan hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW.
3. 1 Mengetahui dua pusaka yang ditinggalkan Rasulullah sebagai pegangan kaum
muslimin.
4.1 Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW.
C.  INDIKATOR
1.2.1Menjalankan ibadah sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.
2.1.1Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, santun, dan suka menolong.
3.1.1   Menjelaskan tentang peristiwa haji Wada’.
3.1.2   Menjelaskan detik-detik wafatnya Rasulullah SAW.
3.1.3   Menjelaskan peninggalan Rasulullah SAW untuk umatnya.
4.1.1   Membuat kesimpulan dari cerita rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
4.1.2   Mempresentasikan hasil kesimpulan dari cerita rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
D.  MATERI (Terlampir)
1.    Peristiwa haji Wada’.
2.    Detik-detik wafatnya Rasulullah SAW.
3.    Peninggalan Rasulullah SAW untuk umatnya.
E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1 x 15 menit
Waktu
Langkah-Langkah Pembelajaran
3’
Kegiatan Pembuka
F Peserta didik mengucapkan salam kepada pendidik.
F Ketua kelas memimpin do’a di depan kelas.
F Apersepsi.
F Peserta didik melakukan ice breaking bersama-sama.
F Peserta didik mendengarkan penjelasan dari pendidik tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini “Hari ini kita akan belajar tentang Akhir Hayat Rasulullah SAW”.
F Peserta didik mendengarkan penjelasan dari pendidik tentang kompetensi yang akan dicapai dari pembelajaran hari ini dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
10’
Kegiatan Inti
1.    Mengamati
·      Peserta didik mengamati media yang digunakan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran SKI tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
·      Peserta didik mendengarkan penjelasan dari pendidik tentang materi yang disampaikan.
2.    Menanya
·      Pendidik melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang hal-hal yang belum diketahui.
3.    Mengumpulkan informasi / mencoba
·      Peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok.
·      Peserta didik diminta untuk melengkapi cerita rumpang pada  Lembar Kerja Siswa 1.
·      Peserta didik membaca sumber referensi lain selain Lembar Kerja Siswa (LKS), boleh dari buku paket yang lainnya sesuai bab tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
4.    Menalar
·         Siswa membuat / menuliskan hasil kesimpulan dari cerita rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW (Lembar Kerja Siswa 1).
5.    Mengkomunikasikan
·      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan yang telah dibuatnya.
·      Beberapa peserta didik memberi komentar, saran, atau pertanyaan kepada kelompok yang mendapatkan giliran maju. Begitu seterusnya sampai kelompok terakhir.
2’
Kegiatan Penutup
F Peserta didik diberikan penilaian dan pujian setelah melakukan presentasi dan membuat kesimpulan tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
F Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui.
F Peserta didik dengan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran hari ini.
F Peserta didik diberi umpan balik tentang materi yang telah dipelajari.
F RTL : Peserta didik mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) yaitu  Mengerjakan Lembar Kerja Siswa 2.
F Peserta didik diminta mempelajari kembali materi pelajaran selanjutnya di rumah.
F Ketua kelas memimpin do’a di depan kelas.
F Pendidik mengucapkan salam kepada peserta didik.

F.   PENILAIAN
Indikator
Teknik
Instrumen
1.2.1 Menjalankan ibadah sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.
Penilaian Diri
Check List
 2.1.1Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, santun, dan suka menolong.
Penilaian Diri
Rating Scale
3.1.1   Menjelaskan tentang peristiwa haji Wada’.
Penugasan
LKS 1 dan
LKS 2
3.1.2   Menjelaskan detik-detik wafatnya Rasulullah SAW.
Penugasan
LKS 1 dan
LKS 2
3.1.3Menjelaskan peninggalan Rasulullah SAW untuk umatnya.
Penugasan
LKS 1 dan
LKS 2
4.1.1   Membuat kesimpulan dari cerita rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
Produk
Rating Scale
4.1.2   Mempresentasikan hasil kesimpulan dari cerita rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
Performansi
Rating Scale

G.  MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
·      Media/Alat        :   Media papan cerita bergambar.
·      Sumber              :    Buku Guru SKI kelas V tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
Buku Siswa SKI kelas V tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
Buku pendamping yang relevan, dll.
    Mengetahui,                                                      Surabaya,  13 Oktober 2016
    Kepala MI Al-HIDAYAH                               Guru Kelas

(Nama Kepala Sekolah)                                   (Nur Hidayatur Rohmah, S.Pd.I)
     NIP.                                                                   NIP.
H.  LAMPIRAN FORMAT PENILAIAN
1.    Kategori Penilaian         : Penilaian Sikap Spiritual
    Indikator                       : 1.2.1 Menjalankan ibadah sesuai dengan Al-Qur’an
 dan Sunnah Rasul.                              
     Teknik                            : Penilaian Diri
     Bentuk Penilaian           : Non Tes
     Instrumen                      : Check List

RUBRIK PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL

Nama Peserta Didik                  :           ………………….
Kelas                                          :           ………………….
Materi Pokok                             :           ………………….
Tanggal                                      :           ………………….

PETUNJUK!
1)   Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2)   Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Bentuk Perilaku
Ya
Tidak
1.          
Melakukan ibadah sholat lima waktu


2.          
Membaca bismillah sebelum melakukan sesuatu


3.          
Membaca Al-Qur’an setiap hari


4.          
Mengamalkan hadits dalam kehidupan sehari-hari


5.          
Membaca alhamdulillah seusai mengerjakan sesuatu



Petunjuk Penskoran:
Ø Jawaban YA diberi skor 1
Ø Jawaban TIDAK diberi skor 0

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


FORMAT PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

No.
Nama Peserta Didik
Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3
Aspek 4
Aspek 5
Skor
Nilai Akhir
1.








2.








3.








4.








5.

















2.    Kategori Penilaian         : Penilaian Sikap Sosial
Indikator                        : 2.1.1 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung
    jawab, santun, dan suka menolong.
Teknik                            : Penilaian Diri
Bentuk Penilaian           : Non Tes
Instrumen                      : Rating Scale

RUBRIK PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL

Nama Peserta Didik      :           ………………….
Kelas                              :           ………………….
Materi Pokok                 :           ………………….
Tanggal                          :           ………………….

PETUNJUK!
1.    Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.    berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian
No.
Pernyataan
4
3
2
1
1
Saya berpamitan kepada kedua orang tua sebelum berangkat ke sekolah.




2
Saya datang ke sekolah tepat pada waktunya




3
Saya suka membantu teman yang membutuhkan bantuan




4
Saya mengerjakan PR di rumah




5
Saya berpamitan kepada pendidik sebelum pulang sekolah dengan mencium tangannya.




Keterangan :
Ø 4  = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
Ø 3  = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
Ø 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan.
Ø 1  = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

FORMAT PENILAIAN SIKAP SOSIAL
                                  
No.
Nama Peserta Didik
Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3
Aspek 4
Aspek 5
Skor
Nilai Akhir
1.








2.








3.








4.








5.















3.  Kategori Penilaian         : Penilaian Pengetahuan
     Indikator                       : 3.1.1 Menjelaskan tentang peristiwa haji Wada’.
3.1.2        Menjelaskan detik-detik wafatnya Rasulullah
                                          SAW.
3.1.3 Menjelaskan peninggalan Rasulullah SAW untuk umatnya.
Teknik                            : Penugasan
Bentuk Penilaian           : Tes
Instrumen                      : Lembar Kerja Siswa 1 dan Lembar Kerja Siswa 2

FORMAT PENILAIAN PENUGASAN LEMBAR KERJA SISWA 1
(PEKERJAAN SEKOLAH)









Folded Corner: Akhir Hayat Rasulullah SAW
Nama Anggota Kelompok I :     1. __________________
             2. __________________
             3. __________________
             4. __________________
             5. __________________
A. Peristiwa Menjelang Akhir Hayat Rasulullah
 Peristiwa yang terjadi adalah peristiwa _________________. Peristiwa ini terjadi pada tanggal  __________________tahun  __________________, Rasulullah bersama lebih dari 90.000 kaum muslimin berangkat menuju Makkah untuk menunaikan  __________________. Ketika dalam perjalan kaum muslimin semakin bertambah. Menurut riwayat jumlah mereka hingga mencapai  __________________orang. Ada yang berjalan kaki dan ada yang mengendarai unta. 
Ibadah haji Rasulullah itu adalah ibadah haji yang __________________Beliau laksanakan. Tidak lama setelah Rasulullah menunaikan ibadah haji, Beliau __________________ sehingga ibadah haji ini dinamakan haji __________________ atau haji __________________. Yaitu perpisahan Beliau dengan para __________________dan __________________nya yang sangat beliau cintai.
Dalam melaksanakan haji wada’, di hadapan ribuan jama’ah haji di __________________. Rasulullah SAW menyampaikan pidato yang sangat penting dan merupakan pidato yang terakhir kali disampaikan di hadapan khalayak ramai. Pidato Rasulullah SAW ini dikenal dengan khutbah __________________ (pidato perpisahan).  Isi khutbah tersebut adalah Beliau berpesan kepada umat Islam agar selalu _________________________________________________________________

       ____________________________________________________________________
  Sepulang dari haji wada’ Rasulullah mengalami sakit ___________. Beliau
       sakit selama ____ hari.  Ketika sakit Nabi makin parah,  Beliau menunjuk  _____
        ___________________ untuk menggantikannya menjadi __________  shalat.                     
       Abu Bakar menerima perintah Rasul. Dengan perintah ini Rasulullah meng-   isyaratkan bahwa Beliau menghendaki setelah Rasulullah wafat Abu Bakarlah sebagai __________________nya kemudian untuk memimpin kaum muslimin.






Rectangular Callout: Ayo Tuliskan Hasil Tugasmu            






















Folded Corner: Akhir Hayat Rasulullah SAW
Nama Anggota Kelompok II :   1. __________________
              2. __________________
              3. __________________
              4. __________________
              5. __________________
B. Akhir Hayat Rasulullah SAW
Rasulullah menghembuskan nafasnya yang terakhir pada hari __________ tanggal  _____ bulan ____________tahun ____ Hijriyah bertepatan dengan tanggal _____ bulan__________ tahun _____ Masehi dalam usia __________ tahun. Sedu sedan, tangis dan rintihan menyertai kepergian Rasulullah menghadap Sang Khaliq. Kaum muslimin benar-benar kehilangan sosok hamba Allah terbaik. 
Mendengar khabar Rasulullah telah wafat, banyak sahabat yang tidak percaya seperti ____________tahun. Umar merasa bahwa Rasulullah tidak wafat. Beliau hanya akan pergi sebentar menghadap Allah seperti yang pernah dialami oleh Nabi Musa AS. Umar bersumpah bahwa Rasulullah akan kembali. Bahkan ia berjanji akan memotong tangan dan kaki orang yang mengatakan bahwa beliau telah meninggal dunia.
Setelah Umar mendengar Abu Bakar mebacakan surah Ali Imran ayat 144, Umar merasa tidak berdaya. Kedua kakinya lemas sehingga dia terduduk di tanah. Saat itulah Umar baru menyadari bahwa Nabi  ______________telah meninggal dunia.
Rasulullah dimandikan oleh para sahabat seperti ___________________


Setelah dimandikan Rasulullah dikafani dengan _____ lembar kain putih dari bahan katun tanpa memberi pakaian dan serban. Rasulullah dimakamkan di ___________ beliau di rumah ____________, yaitu tempat di mana beliau menghembuskan nafas yang terakhir. pada hari ______________tengah malam (malam Rabu) Rasulullah dimakamkan.






Rectangular Callout: Ayo Tuliskan Hasil Tugasmu























Folded Corner: Akhir Hayat Rasulullah SAW
Nama Anggota Kelompok III :   1. __________________
               2. __________________
               3. __________________
               4. __________________
               5. __________________
C. Dua Pusaka Peninggalalan Rasulullah SAW
  Pada saat haji Wada’, dua pusaka yang ditinggalkan Rasulullah adalah  ____________ dan _____________  yang dijadikan sebagai __________________bagi __________________ agar selamat dunia akhirat.
Rasulullah telah meninggalkan dua pusaka yang sampai sekarang masih tetap terjaga seperti sedia kala dan telah terbukti dalam sejarah. Bahwa kemajuan umat Islam tak lain karena tetap berpegang teguh kepada keduanya.
Sedang kemunduran umat Islam juga disebabkan karena mereka tidak lagi berpegang teguh kepada __________________dan __________________. Oleh karena itu kita wajib untuk merawat peninggalan Rasulullah SAW tersebut. 
Cara menjaga dua pusaka itu adalah dengan selalu membaca __________________ dan __________________ isi kandungannya. Dengan demikian kita akan mencapai keselamatan hidup di dunia dan di akhirat. 
Berdasarkan uraian di atas, berikut beberapa hal yang patut diteladani oleh kaum muslimin :
• Seluruh perjalanan hidup Rasulululloh merupakan __________________ bagi umat manusia.
• Semua perkataan dan perbuatan Rasululloh merupakan gambaran dan contoh __________________ ajaran agama __________________ yang diturunkan Allah SWT untuk dilaksanakan oleh seluruh umat manusia. 
• Rasulullah SAW telah tiada, namun ajaran Beliau tidak akan hilang sampai datangnya __________________kelak.
 


Rectangular Callout: Ayo Tuliskan Hasil Tugasmu























FORMAT PENILAIAN PENUGASAN LEMBAR KERJA SISWA 2 (PEKERJAAN RUMAH)
Pentagon: Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Kapan Rasulullah melakukan haji wada’ dan mengapa disebut dengan haji wada’ ?
2. Kapan Rasulullah SAW wafat ?
3. Apa peninggalan Rasulullah SAW pada umatnya ? 
4. Sebutkan pelajaran apa yang dapat diambil dari peristiwa wafatnya Rasulullah SAW ?
 


                                         




             
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN LEMBAR KERJA SISWA 2 (PEKERJAAN RUMAH)
Skor tiap soal bernilai 25
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Taraf Penguasaan
Angka Kualitas
Nilai Huruf
Kualifikasi
91-100%
4
A
Memuaskan
81-90%
3
B
Baik
71-80%
2
C
Cukup
61-70%
1
D
Kurang
< 60%
0
E
Gagal


Kunci Jawaban :
1)      Rasulullah melakukan haji wada’ pada tanggal 25 Zulqa’dah tahun ke 10 Hijriah. Disebut dengan haji wada’ karena merupakan haji terakhir atau haji perpisahan yang dilakukan Rasulullah SAW.
2)      Rasulullah SAW wafat pada waktu Dhuha, hari senin tanggal 12 Rabiul Awwal tahun ke 11 H (8 Juni 632M) dalam usia 63 tahun.
3)      Peninggalan Rasulullah SAW adalah berupa dua pusaka yaitu Al-Qur’an dan Hadits.
4)      Pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa wafatnya Rasulullah SAW yaitu :
Ø Seluruh perjalanan hidup Rasulullah SAW merupakan teladan bagi umat manusia. Kita wajib meneladani dan mencontoh sifat-sifat Rasulullah SAW seperti jujur, rendah hati, sabar, pemaaf, berani dalam menegakkan kebenaran dan sebagainya yang telah dicontohkan Rasulullah SAW.
Ø Semua perkataan dan perbuatan Rasulullah SAW merupakan gambaran dan contoh melaksanakan ajaran agama Islam yang diturunkan Allah SWT untuk dilaksanakan oleh seluruh umat manusia.
Ø Rasulullah SAW telah tiada, namun ajaran Beliau tidak akan hilang sampai datangnya hari kiamat kelak.









LEMBAR TOTAL PENILAIAN PENGETAHUAN :
No.
Nama
Peserta Didik
Lembar Kerja Siswa 1
Lembar  Kerja Siswa 2
Nilai Akhir
Kualifikasi
1.





2.





3.





4.





5.







Nilai Akhir =

Taraf Penguasaan
Angka Kualitas
Nilai Huruf
Kualifikasi
91-100%
4
A
Memuaskan
81-90%
3
B
Baik
71-80%
2
C
Cukup
61-70%
1
D
Kurang
< 60%
0
E
Gagal









4.  Kategori Penilaian   : Penilaian Keterampilan            
     Indikator                  :  4.1.1 Membuat kesimpulan dari cerita rumpang tentang
akhir hayat Rasulullah SAW.
Teknik                      : Produk
Bentuk Penilaian      : Non Tes
Instrumen               : Rating Scale

RUBRIK PENILAIAN PRODUK
No.
Aspek yang dinilai
Kurang
Cukup

Baik

Baik Sekali
1.       
Konsep
Semua salah
Sebagian kecil benar
Sebagian besar benar
Semua benar

2.       
Bahasa
Bahasa sulit
dipahami

Bahasa sedikit sulit dipahami, masih mengguna-kan bahasa yang santun 
Bahasa yang digunakan sebagian besar baik
Bahasa yang digunakan sudah tepat
3.       
Tulisan
Tulisan banyak yang salah dan sulit untuk dibaca
Tulisan masih banyak yang salah
Tulisan masih bisa dibaca tetapi tidak rapi
Tulisan jelas, singkat, dan mudah dimenger-ti
4.       
Peng-gunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
mengguna-kan
kalimat yang belum
efektif
Terdapat lebih
dari dua  kalimat
mengguna-kan
kalimat yang kurang
efektif
Terdapat 1-2 kalimat
mengguna-kan
kalimat yang kurang
efektif
Seluruh kalimat
mengguna-kan
kalimat yang efektif

Petunjuk Penskoran :
Ø Skor 4 jika Baik Sekali
Ø Skor 3 jika Baik
Ø Skor 2 jika Cukup
Ø Skor 1 jika Kurang
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

FORMAT PENILAIAN PRODUK

No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Konsep
Bahasa
Tulisan
Penggunaan kalimat yang efektif
1.





2.





3.





4.





5.






5.  Kategori Penilaian   : Penilaian Keterampilan            
     Indikator                  :  4.1.2 Mempresentasikan hasil kesimpulan dari cerita
rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
Teknik                      : Performansi                          
Bentuk Penilaian      : Non Tes
Instrumen               : Rating Scale

RUBRIK PENILAIAN PERFORMANSI



Aspek
Kurang
Cukup

Baik

Baik Sekali

1.
Intonasi
Intonasi belum tepat
Hanya sebagian
kecil intonasi tepat
digunakan
Hanya sebagian
besar intonasi yang
tepat
Intonasi tepat secara keseluruhan

2.


Mimik
Belum
mengguna-kan
mimik yang tepat
Hanya sebagian kecil
mimik yang tepat
Hanya sebagian
besar mimik yang
digunakan  secara tepat

Mimik yang
digunakan tepat
secara keseluruhan
1.       
3.
Volume Suara
Volume suara pelan dan tidak jelas
Volume suara kurang jelas
Volume suara jelas
Volume suara keras dan jelas
4.
Sikap saat presentasi
Tidak percaya diri (malu dan tidak mau berbicara)
Cukup berani tetapi tamoak masih ragu
Berani dan kurang percaya diri
Berani dan sudah percaya diri

Petunjuk Penskoran :
Ø Skor 4 jika Sangat Baik
Ø Skor 3 jika Baik
Ø Skor 2 jika Cukup
Ø Skor 1 jika Kurang

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

FORMAT PENILAIAN PERFORMANSI
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Intonasi
Mimik
Volume Suara
Sikap saat presentasi
1.





2.





3.





4.




             
5.









LEMBAR TOTAL PENILAIAN KETERAMPILAN :
No.
Nama
Peserta Didik
Lembar Penilaian  Produk
Lembar Penilaian
Performansi
Nilai Akhir
Kualifikasi
1.





2.





3.





4.





5.







Nilai Akhir =














LEMBAR PENILAIAN TOTAL :
No
Nama
Peserta Didik
Sikap
Spiritual
Sikap
Sosial
Penge-tahuan
Keteram-pilan
Jumlah Skor
Nilai Akhir
1







2







3







4









Nilai Akhir  =

Tingkat Pencapaian
Kualifikasi
90 – 100
Sangat Baik
80 – 89
Baik
65 – 79
Cukup
55 – 64
Kurang
10 – 54
Sangat Kurang








Tidak ada komentar:

Posting Komentar