RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MI AL-HIDAYAH
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : V (Lima) / 2 (Dua)
Alokasi waktu : 1 x 15 menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah
dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
1. 2 Meyakini Al-Qur’an dan Sunnah Rasul sebagai peninggalan Rasulullah
SAW.
2. 1 Menunjukkan hikmah dari peristiwa
akhir hayat Rasulullah SAW.
3. 1 Mengetahui dua pusaka yang
ditinggalkan Rasulullah sebagai pegangan kaum
muslimin.
4.1
Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW.
C. INDIKATOR
1.2.1Menjalankan ibadah sesuai dengan Al-Qur’an dan
Sunnah Rasul.
2.1.1Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab,
santun, dan suka menolong.
3.1.1
Menjelaskan tentang peristiwa haji Wada’.
3.1.2 Menjelaskan detik-detik wafatnya
Rasulullah SAW.
3.1.3 Menjelaskan peninggalan Rasulullah SAW
untuk umatnya.
4.1.1
Membuat kesimpulan dari cerita rumpang tentang akhir
hayat Rasulullah SAW.
4.1.2
Mempresentasikan hasil kesimpulan dari cerita
rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
D. MATERI (Terlampir)
1.
Peristiwa
haji Wada’.
2.
Detik-detik
wafatnya Rasulullah SAW.
3.
Peninggalan
Rasulullah SAW untuk umatnya.
E. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1 x 15 menit
Waktu
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
3’
|
Kegiatan Pembuka
F Peserta didik mengucapkan salam
kepada pendidik.
F Ketua kelas memimpin do’a di depan
kelas.
F Apersepsi.
F Peserta didik melakukan ice
breaking bersama-sama.
F Peserta didik mendengarkan
penjelasan dari pendidik tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini “Hari
ini kita akan belajar tentang Akhir Hayat Rasulullah SAW”.
F Peserta didik mendengarkan
penjelasan dari pendidik tentang kompetensi yang akan dicapai dari
pembelajaran hari ini dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
|
10’
|
Kegiatan Inti
1. Mengamati
·
Peserta
didik mengamati media yang digunakan pendidik dalam menyampaikan materi
pembelajaran SKI tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
·
Peserta
didik mendengarkan penjelasan dari pendidik tentang materi yang disampaikan.
2. Menanya
· Pendidik melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang hal-hal
yang belum diketahui.
3. Mengumpulkan informasi / mencoba
·
Peserta
didik dibagi menjadi tiga kelompok.
·
Peserta
didik diminta untuk melengkapi cerita rumpang pada Lembar Kerja Siswa 1.
·
Peserta
didik membaca sumber referensi lain selain
Lembar Kerja Siswa (LKS), boleh dari buku paket yang lainnya sesuai bab tentang
akhir hayat Rasulullah SAW.
4. Menalar
·
Siswa
membuat /
menuliskan hasil kesimpulan dari cerita rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW (Lembar Kerja Siswa
1).
5. Mengkomunikasikan
·
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan
yang telah dibuatnya.
·
Beberapa
peserta didik memberi komentar, saran, atau pertanyaan kepada kelompok yang mendapatkan
giliran maju. Begitu seterusnya sampai kelompok terakhir.
|
2’
|
Kegiatan Penutup
F Peserta didik diberikan penilaian
dan pujian setelah melakukan presentasi dan membuat kesimpulan tentang akhir
hayat Rasulullah SAW.
F Peserta didik bertanya tentang
hal-hal yang belum diketahui.
F Peserta didik dengan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran hari ini.
F Peserta didik diberi umpan balik
tentang materi yang telah dipelajari.
F RTL : Peserta didik mengerjakan
Pekerjaan Rumah (PR) yaitu Mengerjakan
Lembar Kerja Siswa 2.
F Peserta didik diminta mempelajari
kembali materi pelajaran selanjutnya di rumah.
F Ketua kelas memimpin do’a di depan
kelas.
F Pendidik mengucapkan salam kepada
peserta didik.
|
F. PENILAIAN
Indikator
|
Teknik
|
Instrumen
|
1.2.1 Menjalankan
ibadah sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.
|
Penilaian Diri
|
Check List
|
2.1.1Menunjukkan perilaku
disiplin, tanggung jawab, santun, dan suka menolong.
|
Penilaian Diri
|
Rating Scale
|
3.1.1 Menjelaskan tentang peristiwa haji Wada’.
|
Penugasan
|
LKS 1 dan
LKS 2
|
3.1.2
Menjelaskan
detik-detik wafatnya Rasulullah SAW.
|
Penugasan
|
LKS 1 dan
LKS 2
|
3.1.3Menjelaskan peninggalan
Rasulullah SAW untuk umatnya.
|
Penugasan
|
LKS 1 dan
LKS 2
|
4.1.1 Membuat kesimpulan dari cerita rumpang
tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
|
Produk
|
Rating Scale
|
4.1.2 Mempresentasikan hasil kesimpulan dari
cerita rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
|
Performansi
|
Rating Scale
|
G. MEDIA/ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
· Media/Alat :
Media papan
cerita bergambar.
· Sumber : Buku Guru SKI kelas V tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
Buku Siswa SKI kelas V tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
Buku pendamping yang relevan, dll.
Mengetahui, Surabaya, 13 Oktober 2016
Kepala MI Al-HIDAYAH Guru
Kelas
(Nama Kepala Sekolah) (Nur Hidayatur Rohmah, S.Pd.I)
NIP. NIP.
H. LAMPIRAN
FORMAT PENILAIAN
1.
Kategori
Penilaian : Penilaian Sikap Spiritual
Indikator : 1.2.1 Menjalankan ibadah sesuai dengan Al-Qur’an
dan Sunnah
Rasul.
Teknik : Penilaian Diri
Bentuk Penilaian : Non Tes
Instrumen : Check List
RUBRIK PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
PETUNJUK!
1) Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2) Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
No
|
Bentuk Perilaku
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Melakukan ibadah sholat lima waktu
|
|
|
2.
|
Membaca bismillah sebelum melakukan sesuatu
|
|
|
3.
|
Membaca Al-Qur’an setiap hari
|
|
|
4.
|
Mengamalkan hadits dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
5.
|
Membaca alhamdulillah seusai mengerjakan sesuatu
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Ø Jawaban YA diberi skor 1
Ø Jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

FORMAT PENILAIAN
SIKAP SPIRITUAL
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek 4
|
Aspek 5
|
Skor
|
Nilai Akhir
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Kategori
Penilaian : Penilaian Sikap Sosial
Indikator : 2.1.1 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung
jawab, santun, dan suka
menolong.
Teknik :
Penilaian
Diri
Bentuk Penilaian : Non Tes
Instrumen :
Rating Scale
RUBRIK PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
PETUNJUK!
1.
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. berilah
tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
No.
|
Pernyataan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Saya berpamitan kepada kedua orang tua sebelum berangkat ke sekolah.
|
|
|
|
|
2
|
Saya datang ke sekolah tepat pada waktunya
|
|
|
|
|
3
|
Saya suka membantu teman yang membutuhkan bantuan
|
|
|
|
|
4
|
Saya mengerjakan PR di rumah
|
|
|
|
|
5
|
Saya berpamitan kepada
pendidik sebelum pulang sekolah dengan mencium tangannya.
|
|
|
|
|
Keterangan :
Ø 4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
Ø 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
Ø 2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
Ø 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

FORMAT PENILAIAN
SIKAP SOSIAL
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek 4
|
Aspek 5
|
Skor
|
Nilai Akhir
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Kategori Penilaian : Penilaian Pengetahuan
Indikator : 3.1.1 Menjelaskan tentang peristiwa haji Wada’.
3.1.2
Menjelaskan detik-detik wafatnya Rasulullah
SAW.
3.1.3 Menjelaskan peninggalan Rasulullah SAW untuk umatnya.
Teknik :
Penugasan
Bentuk Penilaian : Tes
Instrumen : Lembar Kerja Siswa 1 dan Lembar Kerja Siswa 2
FORMAT PENILAIAN PENUGASAN LEMBAR
KERJA SISWA 1
(PEKERJAAN SEKOLAH)









FORMAT PENILAIAN PENUGASAN LEMBAR
KERJA SISWA 2 (PEKERJAAN RUMAH)
![]() |
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN LEMBAR KERJA SISWA 2 (PEKERJAAN
RUMAH)
Skor tiap soal bernilai 25
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Taraf Penguasaan
|
Angka Kualitas
|
Nilai Huruf
|
Kualifikasi
|
91-100%
|
4
|
A
|
Memuaskan
|
81-90%
|
3
|
B
|
Baik
|
71-80%
|
2
|
C
|
Cukup
|
61-70%
|
1
|
D
|
Kurang
|
< 60%
|
0
|
E
|
Gagal
|
Kunci Jawaban :
1)
Rasulullah
melakukan haji wada’ pada tanggal 25 Zulqa’dah tahun ke 10 Hijriah. Disebut
dengan haji wada’ karena merupakan haji terakhir atau haji perpisahan yang
dilakukan Rasulullah SAW.
2)
Rasulullah
SAW wafat pada waktu Dhuha, hari senin tanggal 12 Rabiul Awwal tahun ke 11 H (8
Juni 632M) dalam usia 63 tahun.
3)
Peninggalan
Rasulullah SAW adalah berupa dua pusaka yaitu Al-Qur’an dan Hadits.
4)
Pelajaran
yang dapat diambil dari peristiwa wafatnya Rasulullah SAW yaitu :
Ø Seluruh perjalanan hidup Rasulullah SAW merupakan teladan bagi umat
manusia. Kita wajib meneladani dan mencontoh sifat-sifat Rasulullah SAW seperti
jujur, rendah hati, sabar, pemaaf, berani dalam menegakkan kebenaran dan
sebagainya yang telah dicontohkan Rasulullah SAW.
Ø Semua perkataan dan perbuatan Rasulullah SAW merupakan gambaran dan
contoh melaksanakan ajaran agama Islam yang diturunkan Allah SWT untuk
dilaksanakan oleh seluruh umat manusia.
Ø Rasulullah SAW telah tiada, namun ajaran Beliau tidak akan hilang
sampai datangnya hari kiamat kelak.
LEMBAR TOTAL
PENILAIAN PENGETAHUAN :
No.
|
Nama
Peserta
Didik
|
Lembar Kerja
Siswa 1
|
Lembar Kerja Siswa 2
|
Nilai Akhir
|
Kualifikasi
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Nilai Akhir = 

Taraf Penguasaan
|
Angka Kualitas
|
Nilai Huruf
|
Kualifikasi
|
91-100%
|
4
|
A
|
Memuaskan
|
81-90%
|
3
|
B
|
Baik
|
71-80%
|
2
|
C
|
Cukup
|
61-70%
|
1
|
D
|
Kurang
|
< 60%
|
0
|
E
|
Gagal
|
4. Kategori Penilaian : Penilaian Keterampilan
Indikator : 4.1.1 Membuat
kesimpulan dari cerita rumpang tentang
akhir hayat Rasulullah SAW.
Teknik : Produk
Bentuk Penilaian : Non Tes
Instrumen : Rating Scale
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Baik
Sekali
|
1.
|
Konsep
|
Semua salah
|
Sebagian kecil benar
|
Sebagian besar benar
|
Semua benar
|
2.
|
Bahasa
|
Bahasa sulit
dipahami
|
Bahasa
sedikit sulit dipahami, masih mengguna-kan bahasa yang
santun
|
Bahasa
yang digunakan sebagian besar baik
|
Bahasa
yang digunakan sudah tepat
|
3.
|
Tulisan
|
Tulisan
banyak yang salah dan sulit untuk dibaca
|
Tulisan
masih banyak yang salah
|
Tulisan
masih bisa dibaca tetapi tidak rapi
|
Tulisan
jelas, singkat, dan mudah dimenger-ti
|
4.
|
Peng-gunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh kalimat
mengguna-kan
kalimat yang belum
efektif
|
Terdapat lebih
dari dua kalimat
mengguna-kan
kalimat yang kurang
efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat
mengguna-kan
kalimat yang kurang
efektif
|
Seluruh kalimat
mengguna-kan
kalimat yang efektif
|
Petunjuk Penskoran :
Ø Skor 4 jika Baik Sekali
Ø
Skor 3 jika
Baik
Ø Skor 2 jika Cukup
Ø Skor 1 jika Kurang
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :

FORMAT PENILAIAN PRODUK
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang dinilai
|
|||
Konsep
|
Bahasa
|
Tulisan
|
Penggunaan kalimat
yang efektif
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
5. Kategori Penilaian : Penilaian Keterampilan
Indikator : 4.1.2 Mempresentasikan
hasil kesimpulan dari cerita
rumpang tentang akhir hayat Rasulullah SAW.
Teknik : Performansi
Bentuk Penilaian : Non Tes
Instrumen : Rating Scale
RUBRIK PENILAIAN
PERFORMANSI
|
Aspek
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Baik
Sekali
|
1.
|
Intonasi
|
Intonasi belum tepat
|
Hanya sebagian
kecil intonasi tepat
digunakan
|
Hanya sebagian
besar intonasi yang
tepat
|
Intonasi
tepat secara keseluruhan
|
2.
|
Mimik
|
Belum
mengguna-kan
mimik yang tepat
|
Hanya sebagian kecil
mimik yang tepat
|
Hanya sebagian
besar mimik yang
digunakan secara tepat
|
Mimik yang
digunakan tepat
secara keseluruhan
|
1.
3.
|
Volume
Suara
|
Volume suara pelan dan tidak jelas
|
Volume suara kurang jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume suara keras dan jelas
|
4.
|
Sikap saat
presentasi
|
Tidak
percaya diri (malu dan tidak mau berbicara)
|
Cukup
berani tetapi tamoak masih ragu
|
Berani
dan kurang percaya diri
|
Berani
dan sudah
percaya diri
|
Petunjuk Penskoran :
Ø Skor 4 jika Sangat Baik
Ø
Skor 3 jika
Baik
Ø Skor 2 jika Cukup
Ø Skor 1 jika Kurang
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :

FORMAT PENILAIAN PERFORMANSI
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang dinilai
|
|||
Intonasi
|
Mimik
|
Volume Suara
|
Sikap
saat presentasi
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
LEMBAR TOTAL PENILAIAN KETERAMPILAN
:
No.
|
Nama
Peserta
Didik
|
Lembar Penilaian Produk
|
Lembar Penilaian
Performansi
|
Nilai Akhir
|
Kualifikasi
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Nilai
Akhir = 

LEMBAR PENILAIAN TOTAL :
No
|
Nama
Peserta
Didik
|
Sikap
Spiritual
|
Sikap
Sosial
|
Penge-tahuan
|
Keteram-pilan
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
Akhir = 

Tingkat Pencapaian
|
Kualifikasi
|
90 – 100
|
Sangat Baik
|
80 – 89
|
Baik
|
65 – 79
|
Cukup
|
55 – 64
|
Kurang
|
10 – 54
|
Sangat Kurang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar