RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI AL-HIDAYAH
Kelas / Semester : V / 1
Tema 4 : Sehat
Itu Penting
Sub Tema 2 : Pola
Hidup sehat
Pembelajaran Ke : 4
Alokasi Waktu : (2 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
Bahasa Indonesia
3.1
Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan
dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan
tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan
di lingkungan rumah, dan sekolah.
Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan
sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala,
mempertimbangkan
jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek
berdasarkan arah mata angin.
C. INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.1.1 Menjawab pertanyaan berdasarkan
bacaan.
4.1.1 Mengolah informasi dari teks
laporan buku tentang kesehatan manusia.
PPKn
3.2.1 Menjelaskan akibat dilanggarnya
hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan
kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.2 Berperilaku sesuai dengan
kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Matematika
3.5.1 Mengidentifikasikan letak benda
pada sistem koordinat.
4.8.1 Menggambar bangun datar pada
bidang koordinat.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
§ Dengan
menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara hidup selaras
dengan lingkungan alam dengan percaya diri.
§ Dengan
menandai pernyataan, siswa dapat membedakan perilaku-perilaku selaras dan tidak
selaras dengan lingkungan alam dengan teliti.
§ Dengan
mengamati gambar tentang aktivitas manusia, siswa dapat mengidentifikasi contoh
aktivitas manusia yang selaras dengan lingkungan alam dengan cermat.
§ Dengan
bercerita tentang keadaan lingkungan sekolahnya, siswa dapat menulis keadaan
lingkungan sekolahnya dengan mandiri.
§ Dengan latihan membuat bangun ruang, siswa
dapat menggambar bangun ruang pada bidang koordinat dengan tepat dengan teliti.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡
Perilaku manusia selaras dan tidak selaras terhadap lingkungan alam.
¡
Kewajiban terhadap lingkungan alam sekolah peserta didik.
¡
Menggambar bangun ruang pada bidang koordinat.
F. PENDEKATAN &
METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Scientific
¡ Strategi : Cooperative Learning
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
2 x 35 menit
Waktu
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
5’
|
Kegiatan Pendahuluan
F Pendidik mengucapkan salam kepada peserta didik.
F Peserta didik menjawab salam dari pendidik.
F Pendidik dan peserta didik membaca doa
bersama-sama.
F Pendidik menanyakan kabar kepada peserta
didik “Bagaimana kabarnya hari ini anak-anak?”.
F Peserta didik melakukan ice breaking bersama-sama “Tepuk
semangat”.
F Pendidik mengecek kesiapan
siswa, dan memeriksa kehadiran siswa (absensi).
F Apersepsi ”Tadi
kalian sudah belajar apa aja?”.
F Peserta didik mendengarkan penjelasan dari
pendidik tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini “Hari ini kita akan
belajar dengan tema Pola Hidup Sehat”.
F Peserta didik mendengarkan penjelasan dari
pendidik tentang menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran
hari ini
yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan
dan menyimpulkan dengan
bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
|
60’
|
Kegiatan Inti
1. Mengamati
·
Peserta didik
mengamati beberapa poin yang termasuk perilaku manusia selaras dengan alam
dan perilaku manusia yang tidak selaras dengan alam (menggunakan media
manila).
·
Peserta didik
mengklasifikasikan dari beberapa poin tersebut dengan memberikan gambar
bintang yang termasuk perilaku yang selaras dengan alam.
·
Peserta didik
diminta mengamati gambar siswa melakukan kerja bakti di kelas (menggunakan
media gambar dan papan tempel).
2. Menanya
·
Pendidik melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang gambar siswa
melakukan kerja bakti di kelas apakah termasuk perilaku yang selaras dengan
alam atau tidak.
3. Mengumpulkan
informasi / mencoba
·
Peserta didik
dibagi menjadi empat kelompok
·
Tiap kelompok
diminta untuk mendiskusikan tentang kewajiban terhadap lingkungan sekolah dan
kewajiban terhadap Tuhan yang berhubungan dengan lingkungan sekolah di Lembar
Kerja Siswa 1.
·
Peserta didik mencari tahu untuk menuliskan
kewajiban terhadap lingkungan sekolah dan kewajiban terhadap Tuhan yang
berhubungan dengan lingkungan sekolah. Kegiatan ini dilakukan dengan cara bertanya kepada orang yang kamu anggap
tahu, membaca buku-buku referensi, bisa juga dengan membuka internet.
4. Menalar
·
Tiap kelompok
menuliskan jawabannya yang berisi hal-hal yang termasuk kewajiban terhadap
lingkungan sekolah dan kewajiban terhadap Tuhan yang berhubungan dengan
lingkungan sekolah pada Lembar Kerja Siswa 1.
·
Perwakilan
dari kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya, begitu
seterusnya sampai kelompok terakhir.
Sedangkan kelompok yang tidak maju
mengoreksi jawaban kelompok yang maju, begitu seterusnya hingga semua
kelompok maju presentasi.
·
Peserta didik
menempelkan hasil jawaban Lembar Kerja Siswa 1 di papan tempel.
·
Peserta didik
dipancing dengan pertanyaan “Lingkungan sekolah terdapat berbagai benda
disekitar kita, diantaranya ada papantulis. Bentuk papantulis berbentuk apa
anak-anak ?
Di sekolah juga terdapat keramik. Keramik
berbentuk apa anak-anak ?”
·
Peserta didik
diajak untuk menggambar bentuk papan tulis yang ada disekolah (Menggambar
bangun datar pada bidang koordinat).
·
Pendidik dalam
menjelaskan materi menggambar bangun datar pada bidang koordinat menggunakan
media manilla yang berisi bidang koordinat yang sudah digambar.
·
Pendidik
mengajak peserta diidk untuk menggambar bangun datar pada bidang koordinat
menggunakan media manilla.
·
Pendidik meletakkan
koordinat titik A, B, C, dan D pada bidang koordinat.
·
Pendidik
menghubungkan koordinat titik A dan B, B dan C, C dan D, serta A dan D pada
bidang koordinat.
·
Peserta didik
diminta untuk menebak gambar apakah yang terbentuk dari titik koordinat ABCD
yang telah digambar pendidik di manilla.
·
Tiap kelompok
diberikan manilla, spidol, dan penggaris masing-masing satu.
·
Peserta didik
diminta untuk menggambar bangun datar pada bidang koordinat di atas kertas
manilla yang sudah diberikan pendidik.
·
Peserta didik
diminta untuk meletakkan koordinat titik A, B, C, dan D pada bidang
koordinat.
·
Peserta didik
diminta untuk menghubungkan koordinat titik A dan B, B dan C, C dan D, serta
A dan D pada bidang koordinat.
·
Peserta didik
diminta untuk menebak gambar apakah yang terbentuk dari titik koordinat ABCD.
5. Mengkomunikasikan
·
Perwakilan
dari kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil menggambar bangun datar
pada bidang koordinat di atas kertas manilla tersebut.
·
Beberapa
peserta didik memberi komentar,
saran, atau pertanyaan kepada temannya yang mendapatkan giliran maju. Begitu seterusnya
sampai peserta didik terakhir.
|
5’
|
Kegiatan Penutup
F Peserta didik diberikan penilaian dan pujian
setelah melakukan presentasi.
F Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang belum
diketahui.
F Peserta didik dengan pendidik menyimpulkan materi
pembelajaran hari ini “Hari ini kita sudah belajar apa aja anak-anak?”.
F Peserta didik diminta untuk memasukkan semua alat
tulisnya ke dalam tas.
F Peserta didik melakkan ice breaking bersama-sama “Tepuk
jari satu”.
F Pendidik
dan peserta didik membaca doa bersama-sama (membaca surat Al-Ashr).
F Peserta didik diminta mempelajari kembali materi
pelajaran selanjutnya di rumah.
F Peserta didik melakkan ice breaking bersama-sama “Tepuk
semangat”.
F Pendidik mengucapkan salam kepada peserta didik.
F Peserta didik menjawab salam dari pendidik.
F Peserta didik mencium tangan pendidik.
|
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru & Buku Siswa Tema : Sehat Itu Penting Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2014).
¡ Manilla yang berisi beberapa point tentang perilaku selaras
dan tidak selaras terhadap lingkungan alam.
¡ Gambar bintang.
¡ Gambar siswa melakukan kerja bakti di kelas.
¡ Papan tempel.
¡ Lembar Kerja Siswa 1
¡ Manilla yang berisi bidang koordinat untuk menggambar bangun
datar.
¡ Spidol.
¡ Penggaris.
I. PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
a. Rubrik Mengamati Gambar
Aspek
|
Baik Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
Hasil pengamatan ditulis lengkap, siswa menunjukkan
pengetahuan tentang materi yang disajikan
|
Hasil
pengamatan gambar ditulis lengkap dan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan dijawab dengan benar
|
Hasil
pengamatan gambar ditulis lengkap dan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar sebagian besar dijawab dengan benar
|
Hasil
pengamatan gambar ditulis cukup lengkap dan pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar beberapa dijawab dengan benar
|
Hasil
pengamatan gambar ditulis kurang lengkap dan pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar hanya sedikit yang dijawab dengan benar
|
Ketelitian dalam mengamati gambar
dan melihat setiap komponennya
|
Teliti dan
detail dalam mengamati setiap komponen pada gambar dan mampu menandai gambar
serta menambahkan informasi
|
Teliti dan
detail dalam mengamati setiap komponen pada gambar
|
Teliti dan detail dalam mengamati
sebagian komponen pada gambar
|
Kurang teliti
dan detail dalam mengamati setiap komponen pada gambar
|
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:

Tabel Perhitungan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Ket
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
b. Rubrik membangun bangun ruang pada bidang koordinat
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Melakukan seluruh prosedur
|
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan.
|
75% langkah pengerjaan dilakukan.
|
50% langkah pengerjaan dilakukan.
|
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.
|
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
|
Seluruh butir pertanyaan diisi.
|
75% pertanyaan diisi.
|
50% pertanyaan diisi.
|
Sama sekali tidak diisi.
|
Isi jawaban sesuai pertanyaan
|
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan.
|
75% jawaban benar sesuai pertanyaan.
|
50% jawaban benar sesuai pertanyaan.
|
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
|
Sikap
|
Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu.
|
Percaya diri, sesekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahu.
|
Tidak percaya diri, mengandalkan bimbingan guru.
|
Menyontek.
|
c.
Rubrik Presentasi
Aspek
|
Baik Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Dibimbing (1)
|
Keterampilan mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
mudah dipahami dan pemilihan kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku
|
Penjelasan
mudah dipahami dan pemilihan beberapa kata sesuai dengan bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
kurang dipahami dan pemilihan beberapa kata sesuai dengan bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
sulit dipahami dan pemilihan kata tidak sesuai dengan bahasa Indonesia baku
|
Mengungkapkan Pendapat
|
Pengucapan pendapat secara
keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
|
Pengucapan pendapat di beberapa
bagian jelas dan dapat dimengerti
|
Pengucapan pendapat tidak begitu
jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
|
Pengucapan pendapat secara
keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti
|
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:

Tabel Perhitungan
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Ket
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
Mengetahui, Surabaya,
19 November 2016
Kepala
sekolah MI AL-HIDAYAH, Guru
Tematik
( Muhammad Zainul, S.Pd) (Nur Hidayatur Rohmah, S.Pd)
NIP..……………….. NIP.
………………
I.
LAMPIRAN
LEMBAR KERJA SISWA
![]() |
J.
LAMPIRAN
MATERI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar